Wednesday, June 7, 2017

Matryoshka, Legenda Rusia dalam Boneka Kayu Part 2

Lantas Malyutin menggambari badan boneka tadi dengan baju tradisional wanita Rusia, komplit berhiaskan kerudung. Dalam gambar itu tampak si wanita tengah mendekap seekor ayam jantan berwarna hitam. Sesaat tujuh 'saudara' dari wanita itu lalu di taruh didalam boneka pertama. Dari mulai lelaki, perempuan, sampai yang paling akhir bersosok bayi. Jual Souvenir Wisuda

Boneka mainan yang lalu jadi begitu disukai oleh anak-anak di Rusia itu juga menaruh pesan mendalam mengenai kuatnya kasih sayang seseorang ibu serta semangat kekeluargaan. Satu langkah penyampaian yang begitu simpel, untuk pesan yang demikian mendalam.

Nama Matryoshka juga tidak diambil dengan asal-asalan. Konon, saat boneka itu di ciptakan, Matryona yaitu sosok wanita cantik yang begitu popular di negeri ini. Nama itu juga jadi nama umum wanita-wanita Rusia, mungkin saja seperti nama Dewi di Indonesia. Serapan dari arti latin 'mater' yang bermakna ibu, juga semakin memperdalam arti Matryoshka.

Kreasi ini pertama kalinya di produksi dengan massal di Moskwa, serta di jual dengan harga yang cukup mahal. Tetapi selesai Paris Fair th. 1900 yang disebut hajatan kelas dunia di zaman itu, beberapa orang mulai mengetahui serta menginginkan meningkatkan seni ini. Dalam Festival tadi, seseorang wanita Rusia bernama Mamontova membawa serta mengenalkan Matryoshka. Ia lalu memperoleh penghargaan medali perunggu atas usahanya itu.

Produksi massal juga lantas beralih ke Sergiyev Posad, satu kota kecil di pinggir Moskwa. Cuma perlu saat satu tahun lebih, aktivitas pembuatan kerajinan tangan ini lalu jadi mata pencarian untuk nyaris semua masyarakat Sergiyev Posad. Hebatnya, walau sudah berkembang luas dengan keinginan pasar yang melimpah, sampai hari ini Matryoshka tetaplah jadi boneka kayu buatan tangan.


Umumnya, boneka paling kecil yang ukurannya sedikit semakin besar dari ibu jari yaitu yang pertama di buat. Lalu dilanjutkan dengan boneka yang semakin besar. Demikian setelah itu, hingga satu set Matryoshka rampung. Satu set umumnya sejumlah lima hingga tujuh boneka. Namun rekor keluarga Matryoshka paling besar yang pernah di buat di Rusia yaitu 72 buah.

Saat ini kreatifitas Matryoshka juga semakin berkembang. Satu diantara yang paling menarik yaitu saat Rusia masuk saat Perestroika. Matryoskha mulai dikreasikan dengan beberapa profil beberapa pemimpin Rusia, dari mulai Mikhail Gorbachev, Yuri Andropov, Konstantin Chernenko, Nikita Khrushchev serta Josef Stalin, dan yang paling kecil yaitu Vladimir Lenin di ciptakan berbentuk Matryoshka. Versus paling baru juga pernah nampak, dari mulai Vladimir Putin, Boris Yeltsin, Mikhail Gorbachev, Joseph Stalin, serta tetaplah yang paling kecil Vladimir Lenin.

Paling akhir, sosok pemimpin Al Qaeda Osama bin Laden bahkan juga tokoh paling utama novel karya JK Rowling, Harry Potter juga pernah di buat berbentuk Matryoshka, serta jadi begitu popular di Rusia.


Sayangnya, toko dua lantai dengan dominasi warna hijau serta putih di pusat pertokoan kota Chelyabinsk itu tidak jual koleksi-koleksi " modern " dalam profil tokoh-tokoh itu. Namun tidakkah menarik bila inspirasi itu digunakan juga di Indonesia? Terbayangkah bila muka wayang golek dengan karakter cakil yang paling populer itu dimodifikasi dengan berwajah. Hmmm,... akan laku tidak ya?

1 comment: